Kamis, 10 April 2014

Perkembangan dan Prestasi SMK NU Al Hidayah dalam 5 Tahun terakhir.



Perkembangan dan Prestasi SMK NU Al Hidayah dalam 5 Tahun terakhir.

Shodiqin, S.Pd Guru SMK NU Al Hidayah


SMK NU Al Hidayah didirikan pada tahun 2008. Sejak berdirinya hingga saat ini banyak kemajuan yang telah dicapai, baik secara kualitas maupun kuantitas. Beberapa aspek yang telah dicapai tersebut, terlihat pada beberapa hal yang menjadi konsentrasi SMK NU Al Hidayah antara lain :

1.        Bidang Manajemen,
Untuk mendukung kegiatan Proses Belajar Mengajar sejak berdirinya hingga saat ini, SMK NU Al Hidayah selalu meningkatkan mutu layanan pendidikan pada setiap unit kerja dan kegiatan yang ada. SMK NU Al Hidayah menyusun sebuah sistem dalam upaya meningkatkan mutu manajemen, pelayanan dan proses sehingga menghasilkan tamatan yang berkualitas.
Saat ini Kompetensi Keahlian telah terakreditasi B, memiliki tenaga pengajar yang muda dan profesional /bersertifikat mengajar sesuai dengan kompetensinya. Menjadi satu-satunya sekolah SMK di kecamatan Gebog yang berbasis pesantren. Untuk peningkatan kualitas mutu manajemen, dari tahun ke tahun SMK NU Al Hidayah terus intens melalui peningkatan kompetensi para pendidik, tenaga kependidikan maupun komite sekolah, melalui berbagai kegiatan diklat, peningkatan kualifikasi pendidikan menjadi S1 dan S2 serta melalui program sertifikasi guru. Kegiatan wisuda para tamatan juga merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh SMK NU Al Hidayah untuk membangun rasa percaya diri dan keyakinan para tamatan akan kompetensi dan skill yang meraka miliki. Mereka mampu berwirausaha atau pun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Para tamatan SMK NU Al Hidayah harus memiliki motivasi yang kuat untuk terus berkarya dan berkiprah di masyarakat, memiliki budi pekerti luhur dan jiwa nasionalisme yang tinggi.
     Description: D:\galeri foto\BAHAN KALENDER 2014\GAMBAR 10 AKREDITASI UNTUK MENJAGA MUTU SEKOLAH.JPG

2.        Bidang Akademik.
SMK NU Al Hidayah tidak hanya menggunakan kurikulum nasional KTSP tetapi juga mengembangkan kurikulum unggulan berupa muatan lokal yang bisa mengoptimalkan potensi dan kompetensi siswa dalam kehidupan bermasyarakat sehingga dapat berprestasi di tingkat nasional dan diterima bekerja di perusahaan nasional maupun asing baik di dalam maupun luar negeri, serta berwiraswasta setelah tamat. Hal yang lebih penting lagi, penanaman karakter dan penguatan pendidikan Agama Islam menjadi fokus yang sangat penting sehingga terwujud siswa SMK NU Al Hidayah yang Santun, Cerdas dan Terampil menjadi karakter yang melekat pada tamatan siswa SMK NU Al Hidayah Kudus. Muatan lokal tersebut antara lain, Bahasa Jawa, Tauhid, Ke NU an, Hadits, Fiqih Salaf, Membatik, dan Tata Rias. Sejak didirikan, alhamdulillah kelulusan selalu maksimal dan mencapai 100%.
Selain lulus 100%, tingginya keterserapan lulusan dalam dunia kerja dan perguruan tinggi juga menjadi hal yang lebih penting. Pendidikan SMK dikatakan berhasil apabila lulusannya mampu terserap di Dunia Usaha dan Industri, oleh karena itu Guru Produktif sangat intens dan focus dengan membekali keterampilan antara lain, jahit halus, keterampilan merakit computer, memperbaiki computer bahkan sampai desain grafis. Tak kalah penting pelatihan kewirausahaan juga merupakan bekal yang sangat berharga untuk menciptakan lapangan kerja.
Description: D:\galeri foto\BAHAN FOTONYA\compress.JPG


3.        Bidang Sarana dan prasarana.
Untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan mutu pendidikan, SMK NU Al Hidayah tak henti hentinya mengupayakan untuk melengkapi sarana prasarana seperti Gedung yang semakin megah, dan tahun 2013 merupakan satu-satunya SMK di kabupaten Kudus yang berbasis Pondok Pesantren yang mendapat bantuan dari Direktorat SMK di Jakarta. Peralatan yang semakin lengkap dan fasilitas lain penunjang pelaksanaan proses belajar mengajar yang semakin memadai, hal ini tentu tidak bisa terlepas dari perhatian dan kepedulian besar dari Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan Dewan Guru, yang terus menerus berkomitmen untuk mengembangkan SMK NU Al Hidayah agar kedepannya bisa lebih maju dan berkembang menuju Sekolah Unggul yang Berwawasan Internasional dan Berkarakter. Begitu juga dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus, Provinsi dan Pusat yang telah begitu banyak membantu SMK NU Al Hidayah hingga mencapai hasil seperti saat ini. Dukungan dari Dunia Usaha dan Industri khususnya di Kabupaten Kudus, komite sekolah, masyarakat serta orang tua siswa turut andil dalam kemajuan SMK NU Al Hidayah.

Description: D:\galeri foto\BAHAN KALENDER 2014\GAMBAR 6 MEMBEKALI KETERAMPILAN UNGGULAN JURUSAN TKJ.JPG


4.        Bidang humas,
Untuk meningkatkan kwalitas keahlian siswa, selama kurang lebih 2 bulan para siswa melaksanakan Praktik Kerja Industri di berbagai tempat Dunia Usaha dan Industri, yang telah kami bangun melalui kerjasama. Kami terus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, dan saat ini lebih dari 20 perusahaan bekerjasama dengan SMK  NU Al Hidayah baik untuk pelaksanaan Praktik Kerja Industri, Sertifikasi Uji Kompetensi, Pelatihan Guru dan Siswa maupun Perekrutan tamatan untuk bekerja, sesuai dengan kompetensi keahlian yang ada di SMK NU Al Hidayah.
Description: D:\galeri foto\BAHAN KALENDER 2014\GAMBAR 5 KUNJUNGAN INDUSTRI KE PERUSAHAAN.JPG
5.        Bidang Kesiswaan,
Perkembangan dan kemajuan SMK NU Al Hidayah, bidang kesiswaan tak kalah maju dan berkembang. Di bidang ini sekolah mampu mengembangkan potensi anak didik dengan berbagai kegiatan ekstra kurikuler dan perlombaan di bidang non akademik yang dapat mengharumkan nama sekolah dimata masyarakat. Siswa telah mampu bersaing dan sejajar dengan siswa di sekolah perkotaan dalam ajang perlombaan di tingkat Kabupaten. Sekolah mempunyai program program eskul untuk pengembangan bakat anak mulai dari yang wajib, hingga yang pilihan, dari yg bersifat akademis hingga yang rohani seperti: Pramuka, Teater, Olah Raga, Web Design, Desain Grafis, Musyafahah Alquran, MTQ, dll. Dari keseluruhan progam ekskul tersebut, telah menorehkan banyak prestasi dan pengembangan diri bagi siswa siswi SMK NU Al Hidayah, bahkan sampai mereka tamat masih dapat berprestasi dibidangnya.
Berbagai pelatihan juga telah diberikan kepada siswa, antara lain pelatihan membatik (kerjasama dengan Djarum Foundation), Pelatihan tata rias, Pelatihan kesehatan (kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus), Pelatihan pengelolaan sampah (Kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup), Pelatihan Usaha Garmen (bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Jawa Tengah) serta berkontribusi dalam kegiatan pendidikan lainnya di tingkat kabupaten maupun propinsi. Ke depan, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga ingin mewujudkan SMK NU Al Hidayah sebagai pioneer dalam melek IT bagi warga Getassrabi dan sekitarnya.

 Description: D:\galeri foto\BAHAN KALENDER 2014\GAMBAR 8 SMK MEMBUDAYAKAN KESANTUNAN SISWA.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar